Tips Gagal Dalam Bekerja #2

tips gagal dalam bekerja

Tips Gagal #2 Tidak Percaya Diri
Saat saya baru lulus menjadi sarjana manajemen, awalnya rasa percaya diri sangat tinggi, karena saya adalah SARJANA, gak peduli IPK hanya 2,5, yang penting level hidup saya naik.  Setiap hari sabtu dan minggu saya selalu membeli koran, terutama Kompas, yang saya baca tidak lain adalah lowongan kerja, tahun 1997 belum ada lowongan kerja online.

Banyak sekali tawaran kerja sampai bingung mau melamar yang mana.  Pelan-pelan keraguan muncul dalam diri saya, saya baru sadar bahwa lulusan S1 banyak sekali dan dengan IPK yang lebih baik dari saya. 

Kekurangan saya adalah saya belum memiliki pengalaman kerja seperti yang pernah saya tulis di Tips Gagal Bekerja #1, saya juga belum ahli sekali dalam menggunakan komputer serta program office, karena saat kuliah praktek komputer belajarnya Word Star dan Lotus 123, nah pas lulus program tersebut mulai digantikan dengan MS Office.

Saking tidak percaya diri, akhirnya saya memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan yang tingkatannya sedang menurut saya.  Rata-rata yang saya lamar adalah Management Trainee (MT), mau melamar jadi sales tidak merasa punya keahlian menjual.

Rasa tidak percaya diri terbawa sampai saat ada panggilan kerja di sebuah bank di Jakarta, mestinya saya bahagia dapat kesempatan wawancara di Bank, namun karena kurang yakin dengan diri sendiri jadi grogi, dan gagal.

Buat Anda yang sedang kuliah atau sekolah, bekali diri dengan ketrampilan yang diperlukan dalam dunia kerja.  Setelah lulus S1saya pernah kursus bahasa mandarin dan itu membantu saya diterima kerja di sebuah perusahaan garmen di Jakarta.

Jangan hanya mengandalkan ilmu yang didapat dari sekolah atau kuliah, perbanyak dengan membaca dan berlatih ketrampilah-ketrampilan, toh saat ini banyak tutorial di dunia maya, baik dalam bentuk tulisan maupun video.#den blangkon
,
Tips Gagal Dalam Bekerja #2 Tips Gagal Dalam Bekerja #2 Reviewed by admin on 8:38:00 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Do not just rely on knowledge gained from school or college, multiply by reading and practicing skills, yet there are currently many tutorials in cyberspace, both in writing and video.

    ReplyDelete

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.