Cara Mengidentifikasi Profil Facebook Palsu

Banyak profi palsu bertebaran di Facebook dan kadang anda menerima permintaan pertemanan dari mereka atau malah sudah menjadi teman.  Tak jarang profil abal-abal semacam ini membahayakan.
Mungkin saja pembuatnya bagaikan seorang penjahat yang sedang mencari mangsa.  Atau bisa jadi ia berniat mematai-matai anda dengan motif tertentu.

Bagaimana cara untuk mengidentifikasi sebuah profil Facebook yang belum dikenal itu palsu atau tidak?
Berikut tips dan triknya :

  1. Foto yang terlalu sempurna biasanya mengindikasikan sebuah profil Facebook adalah palsu.  Baik foto yang dipajang di profil picture atau dialbum, jika semuanya menampilkan sosok tanpa cela dan bahkan mungkin diberi sentuhan Photoshop, besar kemungkinan profil ini hanyalah rekaan.
  2. Berhati-hatilah jika sebuah profil mendeskripsikan penggunanya sebagai orang yang memenuhi kriteria anda sebagai teman atau pasangan yang sempurna.  Mungkin ini adalah jebakan khusus bagi anda sehingga ia dapat mengorek informasi lebih dalam melalui percapakan online.
  3. Telitilah seberapa banyak teman Facebook yang dimilikinya.  Rata-rata user Facebook memilki 130 teman,  Jika jumlah temannya lebih rendah dari angka itu, mungkin saja user Facebook tersebut hanyalah rekasaya.
  4. Seberapa banyak mutual friends atau teman yang sama antara anda dengan calon teman Facebook juga bisa menjadi sarana identifikasi.  Semakin sedikit mutual friends, anda agaknya harus semakin waspada.
  5. Jika dirasa perlu, gunakan mesin pencari untuk meneliti nama profil di Facebook tersebut dan apakah informasi yang disampaikan di data pribadinya benar.
  6. Periksa foto-fotnya.  Orang yang benar-benar nyata seringkali punya foto yang menampilkan diri mereka dengan teman dan keluarganya.
  7. Pengguna Facebook dengan profil asli hampir selalu memiliki foto yang di tag oleh teman mereka.  Sebaliknya profil Facebook paslu sering hanya menampilkan foto diri sendiri.
,
Cara Mengidentifikasi Profil Facebook Palsu Cara Mengidentifikasi Profil Facebook Palsu Reviewed by admin on 7:29:00 AM Rating: 5

1 comment:

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.