Perawatan Rantai Sepeda Motor

Rantai motor merupakan bagian dari sepeda motor yang sangat penting, karena berfungsi menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang.
Tetapi, rantai tersebut jarang di perhatikan, padahal mempunyai fungsi yang vital.  Walaupun letaknya berdekatan dengan ban, yang sering di pompa, tapi mash terlewatkan untuk di rawat.
Ciri-ciri rantai yang tidak terawat:
  • Berkarat
  • Berbunyi nyaring saat sepeda motor di kendarai
  • Kendur
Jika tidak dirawat, maka umur pakai rantai akan menjadi pendek, yang lebih parah lagi rantai putus pada saat sepeda motor di kendarai, akhirnya musti ganti rantai, padahal untuk ganti rantai sebaiknya juga mengganti gir depan dan belakang.
Berikut tips agar rantai dapat di gunakan dalam jangka waktu lama :
  1. Lumasi rantai dengan pelumas khusus rantai/chain lube, pelumas ini memang di khususkan untuk rantai, keunggulannya adalah kotoran dan air tidak mudah menempel dirantai sehingga rantai tampak bersih dan terawat.  Untuk penggunaannya di semprotkan pada setiap sambungan rantai, minimal 1 minggu sekali.
  2. Untuk perawatan gir belakang agar tampak bersih, dapat di bersihkan dengan sabun cuci piring s*nl*ght dan busa.  Sabun ini sangat ampuh untuk membersihkan kotoran oli yang ada pada gir.
  3. Setel kekencangan rantai.
Perlu di perhatikan, sebaiknya tidak melumasi rantai dengan oli, gemuk bahkan dengan oli bekas, karena kotoran/debu bisa menempel pada rantai dan gir yang bisa mengakibatkan kinerja rantai kurang maksimal.
Terbukti pada rantai dan gir motor kaze yang saya kendarai, rantai dan gir tampak bersih dan umur pakai jadi panjang.
Selamat mencoba
,
Perawatan Rantai Sepeda Motor Perawatan Rantai Sepeda Motor Reviewed by admin on 5:44:00 AM Rating: 5

No comments:

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.