Daun Ubi Jalar Dongkrak Trombosit

Penyakit Demam Berdarah di akibatkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk rumahan tersebut biasanya menyerang pada siang hari.  Virus dengue yang masuk ke tubuh manusia menyerang monosit – salah satu tipe sel darah putih – yang berperan membangun kekebalan tubuh.
Jika jumlah trombosit berkurang, mudah terjadi pendarahan, bahkan kematian.  Penderita pun mengalami renjatan atau syok.  Syok akibat merosotnya jumlah trombosit perlu sesegera mungkin di tangani.  Mengkonsumsi garam isotonik atau larutan ringer asetat hanya mengganti volume plasma yang hilang, bukan mengobati penyebab utama trombostapenia alias gangguan fungsi trombosit.
Daun ubi jalar mengandung polifenol, kandungan polifenol dalam daun ubi jalar berperan sebagai antioksidan untuk memperbaiki siste imun atau kekebalan tubuh.  Kekebalan tubuh yang terdongkrak mampu melawan virus yang menyerang tubuh.   Rebusan herbal biasanya berguna jika trombositnya belum turun sekali i bawah 50.000.
Dalam penggunaannya, ambil 20 daun ubijalar plus tangkai (setara 200-250g).  Pilih daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, itu sekitar 4-5 daun dari pucuk.  Setelah di bersihkan daun di rebus dalam satu liter air dengan api kecil hingga mendidih, kira-kira 20 menit.  Sebanyak 800 – 900 ml air rebusan daun ubi jalar di saring .  Dosis sekali minum 200 ml dengan frekuensi 5 kali semalam.
Ubi jalar yang nama latinnya Ipomea batatas, di setiap 100g daun ubi jalar segar mengandung 117 mg kalsium, 1,8 mg besi, 3,5 mg karoten, 7,2 mg vitamin C, 1,6 mg vitamin E, dan 0,5 mg vitamin K, vitamin B, betakaroten serta protein.
Hasil riset membuktikan bahwa daun ubi jalar kaya akan kandungan 15 antosianin dan 6 jenis polifenol dan asam fenolik.   Asam fenolik yang terkandung sperti dicaffeoilqynat, asam dicaffeoilquinat, mokodaffeoilquinat, dan kaffeat.
Kandungan antosianin dan polifenol damal ubi jalar berguna sebagai antioksidan, antiperadangan, bahkan anti kanker.
Sumber Trubus
,
Daun Ubi Jalar Dongkrak Trombosit Daun Ubi Jalar Dongkrak Trombosit Reviewed by admin on 6:50:00 AM Rating: 5

1 comment:

  1. wah ni sngat bermanfaat sekali..msih ats infonya sangat membantu,,

    ReplyDelete

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.