Custom Domain ke Blogspot atau Blogger


Buat Anda yang ingin membuat website dengan menggunakan blogspot sebagai hostingya dan akan di custom domain, berikut saya berikan tutorialnya.

Untuk membeli domain berdasarkan pengalaman saya selama ini, saya sarankan untuk membeli domain di DomaiNesia, karena pelayanannya yang bagus dan memuaskan, untuk harga bersaing dengan yang lainnya.  Saya sudah menggunakan layanan DomaiNesia sejak 2015 sampai sekarang lancar dan tidak ada kendala.

Bagaimana Cara Custom Domain ke Blogger?

1. Login Client Area (my.domainesia.com
Langkah pertama yaitu, buka https://my.domainesia.com pada web browser. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.


2. Memilih Domains
Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman client area. Pada halaman ini anda dapat mengelola semua produk yang telah anda beli. Karena kali ini akan dilakukan custom domain, maka silahkan klik Menu Domains pada bagian sidebar (bagian sebelah kiri). Kemudian beri tanda centang dan klik pada domain yang dipilih.


3. Melakukan Pengecekan Name Server
Untuk melakukan custom domain, pastikan anda memilih Use default nameservers pada saat mengubah Nameserver. Pilihan Use default nameservers ini berfungsi jika anda ingin melakukan custom domain ke Blogger atau setting domain forwarding.

Dalam pengisian Nameserver, Tim DomaiNesia telah mempermudah para customer dengan memberikan daftar Name Server yang sesuai.

Setiap customer dapat memiliki nameserver yang berbeda- beda. Untuk itu, apabila ingin melakukan custom domain, pastikan nameserver sesuai dengan yang ada di Client Area anda!
4. Pastikan DNS Zone Manager Telah Aktif
Sebelumnya, pastikan DNS Zone Manager telah aktif. Jika belum aktif, silahkan klik Start.



Jika sudah di klik “start”, maka akan muncul tampilan seperti ini. Nah, apabila sudah muncul tampilan seperti ini, silahkan lanjutkan ke step 4


5. Memilih Blogger Setting
Untuk melakukan custom domain ke Blogger, silahkan klik Settings kemudian pilih Blogger Settings

 
6. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot
Langkah selanjutnya, buka tab baru pada browser, ketikkan www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger anda. Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.


Tuliskan nama domain yang telah didaftar pada A record tadi. Misalnya www.domainesia.com. Lalu klik Simpan. Maka akan ada error dari pihak blogspot yaitu “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini“. Mengapa itu bisa terjadi? Hal ini dikarenakan domain yang anda tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record unik dari google yang harus di masukkan ke pengaturan domain.


7. Memasukkan Host & Record Unik Google
Pada halaman Blogger tadi, anda sudah menemukan host unik dan record unik dari Google. Nah, host dan record unik tadi akan digunakan untuk melakukan custom domain. Tim DomaiNesia telah memberi kemudahan para customer untuk melakukan custom domain dengan melalui halaman client area (my.domainesia.com). Silahkan klik Menu Domains lalu pilih tab Settings. Kemudian anda akan menemukan gambar seperti berikut. Untuk itu, anda cukup memasukkan host unik dari google dan record unik dari google pada kolom yang Kami sediakan di halaman client area (my.domainesia.com) . Kemudian klik Save.


Ingat, setiap akun memiliki host unik dan record unik yang berbeda. Jadi, pastikan copy paste sesuai dengan yang tertera di akun blogger anda!

8. Custom Domain Berhasil
Tunggu sebentar, maka proses custom domain ke Blogger telah berhasil


9. Melakukan Pengecekan DNS
Untuk melakukan pengecekan apakah blogger telah diarahkan ke domain, maka silahkan klik Menu Domains. Lalu klik Addons. Pilih DNS Zone Manager dan klik Manage DNS. Pastikan terdapat 4 IP Address dari Blogger dan 2 akun CNAME seperti gambar berikut,

10. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot
Setelah itu kembali lagi ke menu Settings – Dasar yang ada di Blogger. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda. Lalu klik Simpan. Bila masih tidak bisa, mohon bersabar karena mungkin Blogger masih dalam proses propagasi dengan DNS Anda yang dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jika lebih dari 24 jam juga belum bisa dilakukan, maka mungkin terdapat kesalahan pada pengaturan Anda dan silakan coba lagi untuk yang kedua kali.


Jika proses Simpan sudah berhasil, maka Anda akan melihat halaman Settings di Blogger berisi nama domain dan nama blog lama. Misalnya www.websitesaya.my.id dan dibawahnya terdapat nama blog lama berupa blogakuu.blogspot.com. Di samping nama  blogakuu.blogspot.com terdapat tulisan “redirects” yang artinya, alamat blog lama (*blogspot) telah diarahkan ke nama domain anda yang baru. Voila! Custom domain anda sudah berhasil dilakukan

11. Setting HTTPS di Blogger
Anda bisa mengaktifkan HTTPS agar aman! Silahkan pilih YES.
Untuk penjelasan lebih rinci cara mengaktifkan https untuk blogspot dapat di baca disini


12. Menunggu Proses Resolving DNS dan Update Konfigurasi
Reminder, untuk proses custom blogspot ini memerlukan waktu kurang lebih 24 jam untuk resolving DNS dan update konfigurasi. Apabila telah berhasil terhubung, anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger.

Anda dapat merubah alamat domain blogspot dengan domain yang anda miliki. Sehingga URL blog atau website yang anda buat di blogspot dapat dicustom sesuai keinginan.  Mau beli domain di DomaiNesia saja.
,
Custom Domain ke Blogspot atau Blogger Custom Domain ke Blogspot atau Blogger Reviewed by admin on 6:27:00 AM Rating: 5

No comments:

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.