Apa itu Domain?

Pernahkah anda bertanya- tanya, apa sih domain? Apa sih hosting? Terus mengapa saya harus beli domain dan hosting dulu? Saya mau bikin website lho, tapi kok disuruh order domain dan hosting ya? Hmm.. Bagi pemula, mungkin pertanyaan ini sering kali muncul. Pengertian domain di Internet yang cukup rumit, membuat sebagian orang awam merasa kebingungan. Lalu, sebenarnya apa sih domain?

Pengertian Domain
Pengertian domain menurut Wikipedia yaitu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sebenarnya, domain merupakan sebuah nama. Ya, sebuah nama unik yang merupakan alamat dari suatu website. Domain dapat terdiri dari berbagai macam ekstensi domain seperti .com, .id, .co.id , .net dan masih banyak lagi. Ekstensi domain ini memiliki arti masing- masing. Untuk lebih jelas mengenai ekstensi domain, silahkan baca Panduan Memilih Ekstensi Domain di bawah ini.

Pengetian Hosting
Sedangkan hosting merupakan media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Nah ibarat perumahan, hosting merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan. Bangunan yang didirikan tersebut dinamakan website. Dan alamat suatu website tersebut biasa disebut domain. Jadi, untuk membuat website diperlukan domain dan hosting terlebih dahulu. Jika anda tidak memiliki domain dan hosting, bagaimana website dapat berdiri?

Cara Memilih Ekstensi Domain 
Pernahkah anda bingung dalam menentukan nama belakang (ekstensi) domain yang ingin dibeli? Pernahkah anda bertanya- tanya apa sih perbedaan dari semua ekstensi domain? Haruskah saya menggunakan .com atau yang lainnya?

Jenis Ekstensi Domain atau Domain TLD
Ekstensi domain atau biasa disebut dengan DomainTLD (Top Level Domain). Yaitu kata yang berada di sebelah kanan dari nama domain, misalnya, www.domainesia.com. Maka .com inilah yang menjadi Top Level Domain atau ekstensi domain. Terdapat berbagai macam jenis ekstensi domain seperti .com, .net,.org dan sebagainya. Terdapat 2 macam jenis Top Level Domain yaitu,

1. Generic Top Level Domain (gTLD)

gTLD merupakan salah satu TLD yang sifatnya general.
Adapun yang termasuk gTLD adalah,
.com : digunakan untuk keperluan komersial
.org : digunakan untuk keperluan organisasi
.net : digunakan untuk keperluan internet/ network
.biz : digunakan untuk keperluan bisnis
.edu : digunakan untuk keperluan pendidikan
.info : digunakan untuk keperluan informasi
.name : digunakan untuk keperluan web pribadi
.pro : digunakan untuk keperluan profesional
.aero : digunakan untuk perusahaan penerbangan
.asia : digunakan untuk domain di asia
.cat : digunakan untuk kategori
.coop : digunakan untuk perusahaan cooperation
.edu : digunakan untuk pendidikan
.gov : digunakan untuk pemerintahan
.int : digunakan untuk internasioal
.jobs : digunakan untuk pekerjaan
.mil : digunakan untuk militer
.mobi : digunakan untuk keperluan mobile communication
.tel : digunakan untuk telekomunikasi
.museum : digunakan untuk website musium
.travel : digunakan untuk perjalanan

2. Country code Top Level Domain (ccTLD)
ccTLD merupakan TLD yang didasarkan pada kode negara.
Sebagai contoh yaitu,
.id : digunakan untuk nama domain di Indonesia
.sg : digunakan untuk nama domain di Singapura
.us : digunakan untuk nama domain di Amerika Serikat
.my : digunakan untuk nama domain di Singapura
.au : digunakan untuk nama domain di Australia
.de : digunakan untuk nama domain di Jerman

Top Level Domain Indonesia
Di Indonesia semua ekstensi domain .id dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Semua ekstensi domain yang dikelola PANDI ini tidak boleh sembarangan digunakan. Anda perlu memenuhi persyaratan tertentu sebelum memiliki beberapa ekstensi domain ini seperti KTP, surat ijin usaha dan sebagainya. Adapun jenis dari Top Level Domain Indonesia yaitu,

.ac.id : digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi
.co.id : digunakan untuk kepentingan komersial
.desa.id : digunakan untuk situs pemerintahan desa
.or.id : digunakan untuk organisasi
.net.id : digunakan untuk penyelenggara jasa telekomunikasi
.web.id : digunakan untuk perseorangan maupun organisasi
.sch.id : digunakan untuk sekolah
.go.id : digunakan untuk instansi pemerintah

Jadi, Apa Yang Harus Saya Pilih?
Sebenarnya, setiap Top Level Domain telah memiliki penggunaannya masing- masing seperti penjelasan di atas. Namun, pada prakteknya anda dapat membeli ekstensi domain (Top Level Domain) sesuai dengan keinginan anda. Tentu saja jangan lupa untuk memperhitungkan biaya! Misalnya, anda ingin membuat toko online. Anda dapat membeli domain tokosaya.com, tokosaya.net maupun tokosaya.org. Namun, apabila ingin membeli Top Level Domain Indonesia yang dikelola oleh PANDI maka anda harus memenuhi persyaratan tertentu seperti KTP atau Surat Ijin Usaha, Surat Keputusan Akademik dan sebagainya. Jadi, apabila toko online anda ingin menggunakan domain .ac.id maka tidak diperkenankan.

Closing
Terdapat aturan tertentu dalam penggunaan ekstensi domain. Namun, bagi Top Level Domain pada prakteknya anda dapat membeli ekstensi domain sesuai dengan keinginan anda. Kecuali untuk TLD yang dikelola PANDI seperti .id, sch.id, ac.id dan sebagainya. Untuk pembelian domain yang dikelola PANDI ini, anda harus menyertakan persyaratan tertentu agar domain anda dapat digunakan. 

Untuk mengetahui ekstensi domain apa saja yang ada di DomaiNesia beserta harganya dapat dilihat di Daftar Domain di DomaiNesia, silahkan klik banner dibawah ini.


hosting murah
,
Apa itu Domain? Apa itu Domain? Reviewed by admin on 6:52:00 PM Rating: 5

No comments:

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.