11 Persyaratan Dasar-Dasar Desain yang Harus diketahui


Setiap orang memiliki bahasa teknis unik dalam bidang pekerjaan mereka masing-masing. Bagi banyak orang, sangat sulit bagi mereka untuk memahami bahasa designer, juga sangat sulit bagi para designer untuk memahami keingingan dari klien karena klien memiliki bahasa yang berbeda untuk menggambarkan keinginan mereka. Ada beberapa kata yang belum pernah didengar oleh beberapa orang, dan designer biasanya menggunakan istilah yang sangat teknis ini. Pada tutorial kali ini saya memberi beberapa petunjuk tentang istilah desain dasar , sehingga Anda dapat dengan mudah memahami apa yang harus disampaikan dan bagaimana memahaminya.

1. Opacity  

Semakin rendah opacity/keburaman, semakin transparan elemennya. Menurunkan keburaman sebuah objek memungkinkan kita melihat apa yang ada di sebaliknya. 


2. Gradient

Gradient / gradasi artinya adalah susunan derajat atau peringkat, peralihan suatu keadaan menuju keadaan lain, atau proses perubahan dari satu posisi ke posisi lain. Pada warna, gradasi itu bermakna perubahan dari satu warna ke warna lainnya secara bertahap. 


3. Resolution

Resolusi adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah titik atau pixel yang digunakan untuk menampilkan suatu gambar. Resolusi yang semakin tinggi berarti semakin banyak pixel yang digunakan untuk menyusun suatu gambar, sehingga gambar dapat menjadi lebih jelas dan tajam. Resolusi juga menunjukkan berapa banyak pixel pada foto yang akan dicetak dalam 1 inci persegi (atau sentimeter persegi) di media cetak seperti kertas.


4. Alignment

Dalam desain, alignment untuk mengatur perataan teks agar teratur tata letaknya dan seimbang. 



5. Grid

Grid adalah struktur yang terdiri dari garis-garis horizontal atau gabungan garis vertikal dan horizontal yang saling bertemu yang digunakan untuk mengatur layout atau interface. Dengan grid ini kita membagi suatu layout berdasarkan kolom-kolom, selanjutnya dengan kolom – kolom ini content diatur dan ditempatkan.  Grid digunakan sebagai alat bantu untuk mendesain media cetak seperti layout buku, brosur, poster dan sebagainya. Grid memberi guideline kepada desainer dimana elemen desain seharusnya ditempatkan dalam suatu layout.


6. Typography

Tata huruf yang merupakan suatu tehnik manipulasi huruf dengan mengatur penyebarannya pada suatu bidang yang tersedia untuk membuat kesan tertentu dengan tujuan kenyamanan semaksimal mungkin pada saat membacanya baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh sehingga maksud dan arti dari tulisan dapat tersampaikan dengan sangat baik secara visual kepada pembaca.


7. Parallax

Paralaks, atau lebih tepatnya paralaks gerak (bahasa yunani: παραλλαγή (parallagé)) adalah perubahan kedudukan sudut dari dua titik diam, relatif satu sama lain, sebagaimana yang diamati oleh seorang pengamat yang bergerak. Secara sederhana, paralaks merupakan pergeseran yang tampak dari suatu obyek (titik 1) terhadap latar belakang (titik 2) yang disebabkan oleh perubahan posisi pengamat.

Pengertian lain dari parallax adalah efek yang biasa kita lihat ketika sedang menaiki kendaraan, objek yang berjarak dekat akan terlihat bergerak lebih cepat dibandingkan objek dengan jarak yang jauh. Parallax akan memberikan kesan 3 Dimensi jika diterapkan pada objek 2 Dimensi.

Misalnya pada kasus berikut, kita akan merubah objek 2D menjadi tampak seperti objek 3D karena seakan-akan objek-objek tersebut mempunyai jarak dan pergerakan yang berbeda.


8. Minimalism

Web design minimalis dapat diartikan sebagai desain web yang simpel, tidak terlalu banyak warna, dan mudah navigasinya. Web minimalis cenderung digemari karena web seperti ini biasanya mudah dimengerti dan mudah diakses. 


9. Negative space

Negative/white space adalah ruang kosong yang ada di sekitar elemen design. 

Namun negative space tidak selalu dan harus space kosong dengan background putih, tapi bisa dengan background warna apa saja namun istilahnya saja yang dijadikan white space karena warna putih cenderung memiliki arti bebas dan bersih.


10. Lorem Ipsum

Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf.


11.Google Fonts

Google font adalah suatu software yang dapat memudahkan kita kerja, dengan pilihan jenis font yang diberikan oleh google 


,
11 Persyaratan Dasar-Dasar Desain yang Harus diketahui 11 Persyaratan Dasar-Dasar Desain yang Harus diketahui Reviewed by admin on 11:51:00 PM Rating: 5

No comments:

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.