Dapur Ramah Lingkungan

Dapur merupakan jantung dari rumah.   Dapur adalah tempat makanan tersedia, dan dapur seringkali di gunakan sebagai tempat berkumpul.
Di dapur inilah kita dengan mudah dapat memulai gerakan ramah lingkungan.
Berikut beberapa tips untuk memulai gerakan ramah lingkungan di dapur anda.
Cara menggunakan peralatan
Kunci menghemat energi bukan hanya pada pembelian peralatan yang telah diklaim sebagai barang hemat energi.  Anda sebaiknya juga memperhatikan cara menggunakan peralatan tersebut.
Dishwasher
Walaupun penggunaan dishwasher terbilang jarang di Indonesia, namun bukan berarti anda tidak mungkin memilikinya.  Jika kebetulan menggunakan dishwasher, pertama-tama pastikan anda mencuci piring setelah cucian menumpuk cukup banyak, jika hanya untuk mencuci satu atau dua piring, lebih baik anda mencuci dengan tangan.
Lemari Es
Walaupun telah membeli es berlabel energy-efficient, anda tetap dapat memboroskan energi jika tidak menggunakannya dengan tepat.  Satu kesalahan umum dilakukan adalah anda menyetel temperatur terlalu rendah.
Perhatian juga kondisi makanan anda di dalam lemari es, jika terlalu beku, naikkan beberapa derajat.  Ingat setiap temperatur di bawah 3 derajat celcius, unit lemari es anda akan mengkonsumsi 5% energi lebih banyak.
Pilih alat masak dengan tepat
Saat ini, alat memasak antilengketbukan hanya produk teflon.  Lagipula, akhir-akhir ini penggunaan teflon seringkali di sambungkan dengan tingginya kolesterol dan kanker
Gaya hidup
Selain memilih barang-barang ramah lingkungan, perhatikan juga cara anda menggunakan pembersih alami, seperti baking soda, cuka, atau sabun berbahan dasar sayuran.  Pembersih ini tidak akan merusak lingkungan seperti bahan kimia.
Jika anda lebih banyak menghabiskan waktu di dapur setiap harinya, pastikan anda menggunakan cahya alami di siang hari.
,
Dapur Ramah Lingkungan Dapur Ramah Lingkungan Reviewed by admin on 10:19:00 PM Rating: 5

No comments:

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.