Tips Agar Tikus Tidak Betah di Rumah

Banyak cara membasmi tikus, namun ada baiknya memilih cara aman dan tidak membuat tikus penasaran datang embali ke dalam rumah anda.

Sebagian besar tikus rumah merupakan binatang nokturnal dan takut cahaya terang, tapi tidak jarang mencari makanan di siang hari.  Tikus rumah layak disebut omnivora yang oportunitis, karena mereka memang akan memakan apapun.


Untuk itu, simak beberapa tips di bawah ini untuk membuat hewan pamakan segala ini pergi dari rumah anda dan enggan kembali lagi.

Berhenti memberi makan
Tikus betah di rumah karena mereka menikmati perlindungan dan makanan yang ditawarkan.  Maka untuk mengeliminasi hal itu anda harus menyimpan makanan dalam wadah tertutup dan membersihkan rumah.

Menjadikan rumah mouse-proof
Mouse-proofing di dalam rumah menjadi sia-sia apabila tikus tetap bisa masuk dari luar.  Cobalah anda berjalan mengelilingi eksterior rumah anda.  Cari lubang, celah atau apaun yang memungkinkan bisa menjadi pintu bagi tikus.
Gunakan kombinasi lapisan dan sabut baja untuk menutup lubang.  Jangan lupa juga untuk memeriksa di bawah lis atap.
Pastikan lubang ventilasi memiliki ukuran kecil (0,5 inci atau kurang), pintu cukup ketat dan tak menyisakan ruang di bawahnya dan diluar, serta tempat sampah tertutup rapat tak menyisakan makanan terletak yang memancing tikus datang.

Memasang Jebakan
Keuntungan dengan memasang jebakan adalah penggunaannya bisa dipakai berulang kali.  Salah satunya penjepit atau perangkap jepret, jebakan ini selalu berhasil membunuh/menangkap tikus dengan instan.
Selain perangkap tikus model konvensional, sekarang juga banyak tersedia perangkap tikus elektrik, yang bekerja dengan aliran listrik AC, maupun dengan baterai.

Racun Tikus?
Menggunakan racun tikus memang cukup efektifketika populasi tikus melonjak tinggi.  Setelah tikus melahap makanan bercampur racun, racun akan bereaksi dalam hitungan satu jam.
Namun, karena tak langsung mematikan, ini memberi kesempatan pada tikus mencari tempat persembunyian untuk mati.  Alhasil, bangkai tikus sulit anda temukan, sampai pada waktu bau bangkainya tercium.  Tetapi apabila dirumah anda di huni anak kecil atau hewan peliharaan, sebaiknya hindari pemakaian racun tikus.
Bisa juga di gaungkan antara perangkap jepret dengan umpan yang sudah diberi racun tikus, tujuannya saat tikus mati hanya berada di dalam jebakan. 
,
Tips Agar Tikus Tidak Betah di Rumah Tips Agar Tikus Tidak Betah di Rumah Reviewed by admin on 7:20:00 AM Rating: 5

No comments:

DomaiNesia
Den Blangkon. Powered by Blogger.